Home / Pendidikan / Pengertian Hakikat dan Fungsi Ideologi

Pengertian Hakikat dan Fungsi Ideologi

Pengertian hakikat dan fungsi ideologi – Munculnya Ideologi itu dikarenakan Manusia selalu melihat bahwa ada hal-hal yang baik dan buruk dalam kehidupannya. Keadaan tersebut mendorong orang untuk merumuskan hal-hal yang dianggap baik serta bagaimana cara mewujudkannya. Jika semua itu dapat dijalankan, niscaya akan terwujud kehidupan ideal sebagaimana yang dicita-citakan.

Hakikat Ideologi

Pada hakikatnya, ideologi merupakan hasil refleksi (perenungan dan pemantauan kembali) manusia terhadap kehidupan dunianya.  Ideologi bukanlah sedar pengetahuan teoritis belaka, tetapi merupakan suatu yang dihayati menjadi suatu keyakinan. Ideologi adalah salah satu pilihan yang jelas dan menuntut komitmen dalam mewujudkanya.

6 Fungsi Ideologi 

Berikut 6 fungsi ideologi, yang perlu Anda ketahui:

1. Struktur konfiguratif, yaitu keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian dalam alam sekitarnya.

2. Orientasi dasar ideologi adalah dengan membuka wawasan yang memberi makna serta mewujudkan tujuan dalam kehidupan manusia.

3. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak.

4. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identifikasinya.

5. Kekuatan yang mampu mengamati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.

6. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk menghargai, menghayati, serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

Referensi tulisan pengertian hakikat dan fungsi ideologi: Buku Pengayaan Kewarganegaraan untuk siswa SMA/MA/SMK Kelas XII Semester 1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close