Home / Pendidikan / Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Penjelasan Lengkap)

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Penjelasan Lengkap)

Pengertian Ideologi Secara Umum – Setiap negara pada dasarnya memiliki suatu ideologi nasional yang berbeda satu sama lain. Ideologi tersebut memiliki peran yang sangat penting,salah satunya untuk menangkal berbagai ancaman, baik yang datang dari luar maupun dalam negeri itu sendiri. Dengan ideologi yang jelas, suatu negara akan memiliki pedoman dan pegangan dalam menghadapi persoalan negaranya. Itulah pentingnya ideologi bagi suatu negara, karena hanya negara dengan ideologi nasional yang kuat yang akan tetap tegak berdiri.

Secara etimologi, ideologi adalah ajaran atau ilmu tentang gagasan dan buah pikiran, atau dapat diartikan sebagai suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam, yang dipegang oleh suatu masyarakat tentang bagaimana cara sebaiknya bertingkah laku dalam berbagai kehidupan.

Kata ideologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu idien yang berarti melihat dan logia yang berarti ajaran atau ilmu. Jadi, ideologi dapat diartikan sebagai ajaran tentang gagasan yang disusun secara sistematis dan menyeluruh tentang manusia serta kehidupannya.

8 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli dan  Sumber Terpercaya

1. Rolf Schwarz mendefinisikan bahwa ideologi sebagai kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan, tindakannya.

2. Soerjanto Poespowardoyo mendefinisikan bahwa ideologi adalah konsep pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi sesisinya, serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

3. Hegel mendefinisikan bahwa ideologi adalah produk kebudayaan suatu masyarakat dan karena itu dalam arti tertentu merupakan manifestasi kenyataan sosial, jadi bukan suatu yang berdiri sendiri lepas dari kenyataan hidup masyarakat.

4. Kamus Ilmiah Populer mendefinisikan bahwa ideologi adalah cita-cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik, paham kepercayaan (ideologi sosialis, ideologi Islam, dan lain-lain).

5. Encyclopedia Internasional mendefinisikan bahwa ideologi adalah sistem gagasan, keyakinan, dan sikap yang mendasari cara hidup suatu kelompok, kelas, atau masyarakat tertentu (system of ideas, belief, and attitudes which underline the way of live in a particular group, class, or society)

6. Laboratorium IKIP Malang mendefinisikan bahwa ideologi adalah seperangkat nilai, ide, cita-cita, pedoman, serta metode melaksanakan dan menunjukkannya.

7. Padmo Wahyono mendefinisikan bahwa ideologi adalah suatu kesatuan yang bulat, yang utuh dari ide-ide dasar. Ideologi merupakan suatu kelanjutan atau konsekuensi dari pandangan hidup bangsa. Falsafah hidup bangsa berupa seperangkat tata nilai yang diutamakan akan terealisasi dalam kehidupan berkelompok.

8. Mubaryanto mendefinisikan bahwa ideologi adalah sejumlah doktrin kepercayaan dan simbol-simbol sekelompok masyarakat atau suatu bangsa yang menjadi pegangan dan pedoman karya atau perjuangan untuk mencapai tujuan.

Dari 8 definisi diatas, dapat dipahami bahwa terminologi ideologi adalah kreasi dari manusia dengan harapan sebuah kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, terdapat beberapa bagian yang membentuk tentang suatu hal dalam ideologi, diantaranya:

  1. Seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis
  2. Pedoman tentang cara hidup
  3. Sesuatu yang hendak dituju oleh suatu kelompok (kelas, negara)
  4. Dipegang teguh oleh kelompok yang meyakininya.
Referensi tulisan pengertian ideologi secara umum dan menurut para ahli (penjelasan lengkap) : Buku Pengayaan Kewarganegaraan untuk Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close