Soal Ulangan Harian PPKn Modul 11 Kelas 6 (Bersama Meskipun Beragam)

Kali ini saya akan membagikan Soal Ulangan Harian Mata Pelajaran PPKn Modul 11 untuk Kelas 6 SD Semester 2. Soal ulangan harian ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal isian,

Semoga contoh soal ini bermanfaat bagi bapak/ibu semua, jika ingin download soal dalam bentuk pdf link sudah ada di akhir soal.

Soal Ulangan Harian PPKn Modul 11 Kelas 6

A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar!

1. Salah satu tempat ibadah yang unik ada di pulau Bali. Namanya adalah Puja Mandala. Di Puja Mandala terdapat lima tempat ibadah yang mewakili agama-agama yang ada di Indonesia. Setiap diadakan kegiatan ibadah selalu berjalan harmonis walaupun waktunya berjalan bersama-sama. Hal ini menunjukkan keberagaman di bidang ….
a. Ras
b. Suku
c. Agama
d. Budaya

2. Di sekolahmu banyak sekali teman-teman yang berasal dari berbagai suku di Indonesia, misalnya suku Bali, suku Jawa, suku Kupang, suku Manado dan sebagainya. Tanpa kalian sadari ada temanmu yang mengatakan bahwa di kelasmu tidak ada suku Sunda, ia memberikan ungkapan bahwa suku Sunda tidak mau bergaul dengan orang lain. Dampak apa yang dapat terjadi dengan pernyataan temanmu tersebut? ….
a. Teman-teman yang lain merasa biasa saja karena memang demikian
b. Ia akan menjadi buah bibir dan dijadikan ketua kelas sebab telah menyampaikan fakta
c. Teman-teman yang lain akan menyanggah bahkan terjadi debat yang merugikan keharmonisan di kelas
d. Akan ada teman yang melaporkan kejadian ini ke guru untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan diberikan peringatan

3. Bentuk keanekaragaman yang ada di Indonesia sudah ada sejak dahulu dan akan selalu ada. Bagaimana keanekaragaman tersebut dapat membawa kerukunan?
a. Duduk dengan teman yang seagama agar lebih baik berdoanya
b. Membentuk kelompok suku tertentu agar enak berbahasa daerahnya
c. Saling berkenalan dan menerapkan salam kenal yang harus dipakai dari salah satu suku yang mayoritas
d. Melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan benar tanpa memandang perbedaan suku dan ras

4. Kebudayaan akan dipengaruhi dengan keadaan lingkungan sekitar. Bagaimana cara praktis melestarikan budaya daerah seperti batik di tengah perkembangan teknologi yang semakin merebak ini? ….
a. Menggunakan busana batik pada pertemuan-pertemuan umum yang formal
b. Menggunakan motif batik pada dinding rumah, casing ponsel dan laptop di rumah
c. Menjual alat-alat membatik seperti canting dan cap di media sosial
d. Membuka kursus membatik tradisional dari rumah

5. Keberagaman yang nyata tidak hanya suku, agama dan ras saja namun juga keberagaman ekonomi. Di daerah pegunungan tentu saja hasil sayuran sangat berlimpah sedangkan di daerah dataran rendah atau tepi pantai akan kaya hasil ikan air tawar mapun laut. Ketidakmerataan infrastruktur seperti jalan raya menyebabkan distribusi komoditas tersebut semakin terhambat. Sebagai seorang siswa ide apa yang dapat kalian sampaikan kepada pemerintah?
a. Mengusulkan agar dibangun pasar-pasar tradisional di berbagai daerah
b. Mengusulkan agar ditambah sarana pengangkuatan ke berbagai wilayah
c. Mengusulkan agar dilakukan perbaikan dan perintisan jalan-jalan raya
d. Mengusulkan agar masyarakat aktif dalam pasar online sehingga lebih hemat biaya transportasi

6. Di daerahmu mayoritas agama Hindu sedangkan tetanggamu memeluk agama Kristen. Kamu mengetahui bahwa mereka kesulitan untuk pergi ke gereja karana jarak yang jauh sehingga mereka harus membuka ibadah di rumah. Bagaimana sikapmu sebagai tetangga yang baik agar keharmonisan tetap terjaga? ….
a. Melaporkan masalah ini kepada petugas ketertiban masyarakat agar tetap terjaga kerukunan di lingkunganmu
b. Memberikan nasihat agar tetanggamu melaporkan keadaannya kepada ketua RT atau lingkungan terdekat
c. Diabaikan saja asal tidak mengganggu ketertiban umum
d. Mengajak untuk melaksanakan ibadah di rumahmu agar lebih aman sebab keluargamu termasuk orang lama

7. Isi dari pasal 29 UUD 1945 adalah ….
a. Bela negara
b. Pemilihan umum
c. Kebebasan beragama
d. Perekonomian yang dikuasai negara

8. Sebelum memulai kegiatan biasanya di sekolahmu mengadakan doa pembuka. Bagaimana caramu berdoa agar tidak menyinggung perasaan temanmu yang berbeda agama? ….
a. Saya berdoa dalam hati
b. Saya memilih guru untuk berdoa
c. Saya berdoa dalam bahasa lain dengan meminta ijin
d. Saya berdoa sesuai keyakinan saya dengan meminta ijin

9. Sikap toleransi dapat diwujudkan di lingkungan rumah. Ketika ada tamu datang ke rumah dan beliau beragama Muslim maka sebaiknya ….
a. Memaklumi kedatangannya di saat kami sedang ada ibadah
b. Menyajikan air mineral sebagai sajian minum saat mengobrol di rumah
c. Memasakkan aneka daging panggang tanpa bertanya terlebih dahulu kepada tamu
d. Memberitahunya agar secepatnya menyelesaikan urusan di rumah karena jam sholat Jumat akan segera dimulai

10. Ketika kamu berkunjung ke rumah temanmu yang beragama Kong Hu Chu tanpa sepengetahuanmu mereka menyajikan makanan dan minuman yang tidak diijinkan susuai dengan keyakinanmu. Bagaimana sebaiknya kamu dapat merespon? ….
a. Gembira dan makan dengan baik
b. Diam saja dan membawa pulang makanan
c. Memberitahu dengan sopan untuk minta ijin tidak mengkonsumsinya
d. Menunggu tuan rumah makan baru ikut makan olahan makanan tersebut

11. Adanya perselisihan bahkan perkelahian antarsuku di berbagai daerah disebabkan karena ….
a. Saling toleransi
b. Belum memahami budaya
c. Saling menghakimi satu dengan yang lain
d. Kurangnya pemahaman tentang pentingnya kerukunan hidup

12. Bagaimana peranmu ketika ada perkelahian antarsuku di lingkungan sekolahmu?
a. Belajar dengan rajin
b. Memberitahukan kepada ketua lingkungan terdekat
c. Merekam peristiwa tersebut dan mengunggah di medsos
d. Menutup rumah dan mengunci pintu agar tidak terimbas masalah

13. Toleransi berarti juga ….
a. Merendahkan diri
b. Menghargai perbedaan
c. Menerima semua pendapat
d. Mendahulukan kepentingan umum

14. Di daerah tertentu terkenal dengan masakan yang khas namun tidak dapat kamu makan. Ketika kalian datang berkunjung ke sana mereka menyajikan makanan tersebut dangan sajian yang besar dan nikmat. Salah seorang temanmu memakannya, padahal ia seagama dengan kamu. Apa yang dapat kamu katakan ketika diminta makan oleh ketua suku saat itu? ….
a. Bolehkah saya bawa pulang?
b. Maaf, saya mau pulang!
c. Siap, terima kasih banyak!
d. Maaf, saya tidak bisa memakannya!

15. Di Jawa Barat terkenal dengan alunan musik yang begitu menyejukkan pikiran. Musik tersebut sangat cocok dimainkan di persawahan dan sambil makan nasi
lauk tahu tempe dan sambal. Musik tradisional tersebut salah satunya berjudul ….
a. Soleram
b. Sabilulungan
c. Suwe ora jamu
d. Hey yamko rambe yamko

16. Di wihara sering diadakan persembahyangan dan renungan rohani. Seorang biksu memimpin ibadah di sana. Setelah ibadah selesai biasanya mereka pulang dengan berpakaian sebagaimana saat memimpin ibadah. Ketika mereka berjalan lewat ke arahmu apa yang kalian lakukan ….
a. Berputar arah
b. Menghindari sebisa mungkin
c. Memberikan jalan secukupnya
d. Memberikan jalan dan menyapa dengan sopan

17. Pada saat pergi berekreasi kamu dan temanmu bersama-sama rombongan bis menuju ke pantai Kuta, Bali. Perjalanan sangat lambat karena di jalan tersebut banyak mobil dan motor parkir di pinggiran jalan. Nampaknya umat Hindu sedang melakukan sembahyang. Bagaimana menurut pendapatmu mengenai situasi tersebut? ….
a. Tetap sabar sambil menyimak makna sembahyang tersebut
b. Meminta sopir agar lebih lincah mengemudi
c. Mengusir kebosanan dengan bermain game online
d. Berusaha untuk merekam dan mengirimkan ke ketua rombongan

18. Alat musik daerah memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini adalah alat musik tradisional dan berasal dari daerah ….
Upacara Kremasi
a. Serune Kale dari Aceh
b. Gamelan dari Jawa Tengah
c. Kolintang dari Sulawesi Utara
d. Sasando dari Nusa Tenggara Timur

19. Upacara kremasi atau pembakaran jenazah menjadi ciri khas budaya di Bali. Ngaben demikian dikenal merupakan upacara ritual untuk mengantarkan roh jenazah ke kehidupan mendatang. Saat kalian pergi ke Bali dan melihat upacara ini bagaimana cara kita memaknainya? ….
a. Lewat saja dan mengambil foto sebisa mungkin
b. Ikut dalam upacara dari awal hingga selesai acara\
c. Turut merenungkan bahwa kita juga nantinya akan beristirahat dari kehidupan ini
d. Berusaha sebaik mungkin untuk mempelajarinya agar dapat mengikuti upacara tersebut lebih dekat

20. Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan kekayaan laut yang berlimpah bagi kita. Berikut ini yang merupakan sumber daya alam kelautan yang potensial di Indonesia adalah ….
a. Ikan, mineral dan emas
b. Batubara, mineral dan kerang
c. Ikan, energi dan mineral
d. Mutiara, kerang dan ikan tuna

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan penjelasan yang tepat!

1. Cara praktis sebagai seorang siswa untuk menghargai budaya setempat adalah ….
Jawaban: Menggunakan pakaian adat sesuai program sekolah, belajar dengan baik bahasa daerah di sekolah

2. Sikap toleransi yang dapat kalian tunjukkan saat ada temanmu yang ijin pada hari Jumat siang untuk sholat adalah ….
Jawaban: Menggantikannya jika ada jadwal piket

3. Sebutkan manfaat yang dapat kita ambil dari keberagaman yang ada di Indonesia!
Jawaban:
a. Kita dapat belajar perbedaan yang memperkaya pengetahuan
b. Kita dapat belajar toleransi, menghargai dan kebersamaan
c. Kita dapat belajar untuk saling melengkapi dan menolong

4. Sebutkan 2 ciri-ciri negara maritim!
Jawaban:
a. Memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan
b. Mata pencaharian penduduk banyak disektor kelautan

5. Toleransi sangat dibutuhkan dalam keberagaman. Sebutkan padanan kata toleransi!
Jawaban: Menghargai perbedaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.