Modul pembelajaran SMA PPKn Kelas XI: Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia

,

Modul ini diharapkan dapat menjembatani dan menuntun kalian untuk memahami konsep, fakta dan prinsip pada materi pembelajaran mengenaisistem hukum dan peradilan di Indonesia. Didalam modul ini terdapat materi sistem hukum, yang berisi tentang pengertian, unsur, sifat, karakteristik, dan klasifikasi hukum, serta tata hukum Republik Indonesia.

Modul inipun membahas materi tentang sistem peradilan di Indonesia, yang berisi tentang makna, landasaan hukum, klasifikasi, perangkat, tingkatan, dan peran lembaga peradilan, serta memberikan bekal bagi kalian untuk bersikap dan berperilaku sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Semoga dengan mempelajari modul ini, kalian semakin mengerti dan memahami apa itu hukum, sehingga dapat terhindar dari sikap dan perilaku yang bertentangan dengan hukum.

Petunjuk Penggunaan Modul

Untuk mempermudah dan membantu kalian dalam mempelajari dan memahami isi modul, berikut ini diberikan beberapa petunjuk penggunaan modul ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Bacalah modul ini secara utuh dan menyeluruh.
  2. Upayakan kaliandapat memahami materinya dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat maupun melalui pemahaman kalian sendiri.
  3. Kerjakan penugasan mandiri, latihan soal dan evaluasi yang tersedia dengan sungguh-sungguh. Jika kamu serius dan jujur, maka kamu dapat mengetahui sampai dimana pencapaian kompetensi dan memudahkan juga dalam belajar.
  4. Setelah mempelajari modul ini kamuakan mempunyai pemahaman yang lebih terperinci tentang hakikat demokrasi.
  5. Selanjutnya diharapkan kalian dapat mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 4 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

Pertama : Hakikat Demokrasi
Kedua : Klasifikasi Demokrasi
Ketiga : Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila
Keempat : DinamikaDemokrasi di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.